SKRIPSI PAI
Hubungan Interaksi Edukatif Guru Dan Siswa Dengan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di SMP Islam Comal
Interaksi edukatif adalah interaksi yang berlangsung dalam suatu ikatan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan dan pengajaran. Interaksi belajar mengajar diarahkan agar aktifitas berada pada pihak anak didik, karena anak didik merupakan orientasi dari setiap kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, guru harus berusaha agar anak didik aktif dan kreatif secara optimal, disini guru bertindak sebagai fasilitator serta pembimbing dan anak didiklah yang seharusnya lebih aktif dan kreatif dalam belajar.
Penelitian ini, peneliti mengajukan permasalahan tentang Adakah hubungan antara interaksi edukatif guru dan siswa dengan keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Islam Comal dan seberapa besar tingkat hubungan interaksi edukatif guru dan siswa dengan keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Islam Comal Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan dan seberapa besar tingkat hubunganinteraksi edukatif guru dan siswa dengan keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Islam Comal.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian berupa penelitian lapangan atau field research. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode angket, dokumentasi dan observasi. Dan untuk menganalisis hasil penelitiannya, peneliti menggunakan teknik analisis korelasi product momentdan juga penghitungan dengan menggunakan aplikasi SPSS 20.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Interaksi edukatif guru dan siswa kelas VII pada mata pelajaranpada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Islam Comaltermasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-ratasebesar 71.Beitu juga dengan keaktifan belajar siswa termasuk dalam kategori sedangdengan nilai rata-ratasebesar 71. Kemudian hasil perhitungan nilai rh diperoleh hasil 0,926,dalam pedoman interpretasi nilai r terletak pada interval 0,91 -1,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa antar variabel terdapat hubungan yang sangat kuat. Adapun pada taraf signifikansi 5 %, rtsebesar 0,254 berarti rxy = 0,926> rt = 0,254, maka Ho ditolak, Ha diterima. Sedangkan pada taraf signifikansi 1 %, rtsebesar 0,330, berarti rxy = 0,926 > rt = 0,330, maka Ho ditolak, Ha diterima. Adapun besaran prosentasenya adalah 93 %. Dengan demikian, hipotesis yang peneliti ajukan (bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara interaksi edukatif guru dan siswa dengan keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaranakidah akhlak di SMP Islam Comal) dapat diterima kebenarannya.
21SK2121020.00 | SK PAI 21.020 SIT h | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain