SKRIPSI PAI
Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap Tanggung Jawab Belajar Peserta Didik Di SMP Al-Islah Plus Ampelgading
Pembiasaan shalat dhuha di sekolah dapat membentuk karakter pada peserta didik, diantaranya sikap tanggung jawab belajar. Selain bernilai ibadah shalat dhuha yang dilakukan di sekolah juga akan berdampak positif pada peserta didik. Sikap tanggung jawab belajar harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Hal ini dikarenakan belajar merupakan tugas utama peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembiasaan shalat dhuha terhadap tanggung jawab belajar peserta didik di SMP Al-Islah plus Ampelgading dan seberapa besar pengaruhnya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: analisis instrument penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas variabel X dan Y), analisis uji prasyarat (uji normalitas dan uji linieritas), dan uji hipotesis (uji regresi linier sederhana, uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembiasaan shalat dhuha terhadap tanggung jawab belajar peserta didik di SMP Al-Islah plus Ampelgading dengan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,005. Sedangkan besar pengaruhnya adalah 81,3%. Artinya pembiasaan shalat dhuha mempengaruhi tanggung jawab belajar sebesar 81,3% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak penulis teliti.
21SK2121063.00 | SK PAI 21.063 NIN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain